Senin, April 28, 2008

Dibuka, Tiga Warung Baca untuk Publik

KOTA- Badan Perpustakaan, Arsip, dan Data Elektronik (Bapade) Kabupaten Jepara, Senin (28/4), membuka layanan baru kepada publik berupa rumah belajar dan warung baca.
Lokasinya tersebar di tiga titik, masing-masing di tempat wisata Pantai Kartini, sudut Alun-alun, dan rumah belajar di kantor perpustakaan daerah, Jl HOS Cokroaminoto No 10.
Layanan itu merupakan bentuk pengembangan pelayanan perpustakaan untuk memacu minat baca di kalangan masyarakat yang semakin tinggi. Selama ini masyarakat hanya mendapatkan pelayanan dari perpustakaan keliling dan perpustakaan umum. Keunggulan dari layanan ini, di antaranya dilengkapi sarana permainan anak dan koleksi buku-buku terbaru.
''Sarana penunjang ini akan bisa memacu masyarakat agar lebih gemar membaca buku sejak usia dini,'' kata Kepala Bapade, Drs Sutarto MM, kemarin.
Ia menambahkan, masyarakat Jepara dari tahun ke tahun mengalami peningkatan dalam kunjungan ke perpustakaan. Hal itu dinilai, tingkat kepedulian masyarakat dalam mengakses informasi dan kecintaan terhadap buku semakin baik. "Kami melihat, minat baca masyarakat sudah lebih baik, sehingga perlu mendapat apresiasi, dengan menyediakan sarana baru berupa pengembangan ruang baca," lanjutnya.
Dipilihnya lokasi warung baca di tempat wisata, diharapkan menambah nilai plus. Sambil berwisata, mereka juga dapat menikmati layanan buku yang diberikan petugas perpustakaan. Masyarakat dapat membaca buku di kawasan pantai secara gratis mulai pukul 08.00 - 17.00.
Guna mendukung kenyamanan pengunjung, juga disediakan tempat baca yang nyaman. Bentuknya berupa lokasi terbuka dan tidak disekat dalam ruangan seperti yang selama ini terdapat di Perpustakaan Umum. Masyarakat semakin rileks dan dapat menciptakan sensasi baru dalam kegiatan membaca.
Suroto, salah seorang pustakawan yang bertugas di warung baca mengatakan, "Selama ini yang biasa adalah membaca di ruangan. Dengan pengembangan ruang baca akan lebih rileks dan nyaman," aku Suroto di sela-sela melayani pengunjung.
Sri Hartini, kepala Bidang Perpustakaan Bapade menambahkan, layanan yang diberikan di rumah belajar antara lain, layanan membaca, bermain untuk anak, bercerita kepada anak, pemutaran film edukatif bagi anak dan pelatihan atau kursus-kursus yang akan diawali pada tahun ajaran 2008/2009. (H15-76)

Sumber info: Suaraa Merdeka, Selasa, 29 April 2008

Tidak ada komentar: