Senin, April 28, 2008

Kereta Wisata Baru Hadapi Libur Sekolah



JEPARA - Objek wisata Pantai Kartini menambah satu lagi fasilitas pendukung bagi pengunjung untuk berkeliling di tempat wisata yang dikenal berpasir putih tersebut. Fasilitas itu berupa kereta wisata Kura-kura Jepara dengan fasilitas yang cukup komplet, yakni TV 21 inch, VCD, dan tempat duduk berkapasitas 40 orang yang tergolong mewah untuk kelas kereta wisata.
Kereta wisata tersebut diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin berkeliling dengan membayar tiket Rp 3.000. Selain fasilitas ersebut, kereta wisata dilengkapi dengan musik. Bentuknya mewah terbuat dari stainless steel, penuh dengan gambar animasi tokoh kartun yang disukai anak-anak.
"Ini untuk menarik minat pengunjung yang datang ke agar tidak bosan. Target pasar kami anak-anak," ucap Manajer Pantai Kartini Prono Cahyono, Senin (28/4).
Saat ini Pantai Kartini sudah mempunyai empat kereta wisata. Tiga di antaranya berukuran besar. Sedangkan kereta wisata baru tersebut lebih bagus dari segi desain karena sudah melewati uji dan telah diperiksa spesifikasi teknik rancang bangunnya oleh DDLAJ Pemprov Jateng dengan uji tipe nomor 561.25/10653/2007. Dengan demikian, nyaman dan aman untuk dikendarai karena menggunakan sistem belok trailer.
"Kereta Kura-kura Jepara ini kami klaim termegah di Indonesia karena di objek wisata daerah lainnya belum ada. Kalau ada tidak semewah milik kami. Selain itu bisa dicarter dalam kota untuk acara wisuda, khitanan atau untuk acara ulang tahun," ujarnya.
Upaya Prono tersebut tidak lain untuk menarik wisatawan lebih banyak ke Jepara, khususnya untuk objek wisata Pantai Kartini. Alasannya, sebentar lagi musim liburan sekolah.

Libur Panjang
Prono menambahkan, menjelang libur panjang nanti, pihaknya siap memanjakan pengunjung khusunya anak-anak untuk menikmati keberadaan kereta wisata. Termasuk mengundang beberapa artis ibu kota, baik dangdut atau pop.
Pemasukan Pantai Kartini di luar Pesta Lomban setiap tahunnya ditarget Rp 178 juta, sedangkan khusus untuk Pesta Lomban Rp 185 juta.
"Kalau usulan kami diterima, Pantai Kartini akan dibangun water boom. Itu masih sebatas usulan," ungkap Prono.
Dalam sehari, menurut Ari Murtanto (30) dan Harianto (22) petugas kereta wisata Kura-kura, pengunjung ramai menaiki kereta tersebut dari kalangan anak-anak. Biasanya akhir pekan seperti Jumat, Sabtu, dan Minggu bisa melonjak hingga 500 orang.
"Dominasinya memang anak-anak. Paling ramai sekitar pukul 17:00, pengunjung bisa antre," ucap Ari sembari menyetir mengelilingi obyek wisata Pantai Kartini. (J4-54)

kepsen foto

UJI TEKNIS: Kereta wisata Kura-kura Jepara di objek Wisata Pantai Kartini sudah lolos uji teknis sehingga aman bagi para pengunjung, Senin (28/4). (54)
SM/Budi Cahyono

Sumber info: Suara Merdeka, 28 April 2008

Tidak ada komentar: